PA JAKARTA SELATAN MELUNCURKAN LAGI INOVASI LAYANAN PUBLIK
“Inovasi tiada henti” “success road to WBBM” demikian semangat yang muncul di Lembaga Pengadilan Agama Jakarta Selatan yang dinakodai oleh Ketua PA Jakarta Selatan, Dr. H. Andi Akram, S.H., M.H., dgn total hakim dan karyawan berjumlah 62 orang. Semangat kerja keras terlihat pada yel yel Integritas.. Tuntas dan Ikhlas.. Tolak Gratifikasi, melayani dengan hati, hanya mengharap ridho ilahi..
Walhasil, pada hari Jumat, tanggal 16 Oktober 2020, Pengadilan Agama Jakarta Selatan kembali meluncurkan inovasi pelayanan publik. Peresmian peluncuran inovasi pelayanan publik dilakukan oleh Ketua PengadilanTinggi Agama DKI Jakarta, YM. Dr. H. Syarif Mappiasse, S.H., M.H.
Hadir pula pada acara tersebut Ketua Pengadilan Agama dan atau yang mewakili se wilayah PTA DKI Jakarta. Juga hadir pada acara tersebut Kepala PT Pos dan Giro Fatmawati Jakarta dan Direktur Pos Bantuan Hukum PA Jakarta Selatan.
Pada kegiatan tersebut, juga diadakan Penandatangan MOU antara Pengadilan Agama Jakarta Selatan dan PT Pos dan Giro untuk menjalin kerja sama dalam pelayanan publik. Program andalan Pelayanan Pengiriman PT Pos Q9, pelayanan sameday service yaitu pengiriman layanan pada hari itu nyampe tersebut diintegrasikan dengan layanan pengambilan produk pengadilan. Produk PA Jakarta Selatan akan dikirim ke alamat pihak melalui jasa layanan pos. inovasi ini layanan ini yang dinamakan Layanan GO Pro – Go Produk. Manfaatnya antara lain, pihak masyarakat tidak perlu datang ke Kantor PA untuk mengambil produk, dapat mengurai antrian layanan di kantor – solusif di mas pandemik ini.
Ada tiga inovasi layanan Pengadilan Agama Jakarta Selatan yang diluncurkan pada acara tersebut, yaitu:
- Pos Layanan Hukum online: Pos Bantuan hukum yang ada di Pengadilan Agama Jakarta Selatan selain melayani secara langsung, juga melayani secara online. Masyarakat dapat menggunakan ini melalui website resmi PA Jakarta Selatan.
- PTSP online dengan fasilitas zoom meeting: untuk memberikan kepastian layanan antara pemberi dan penerima layanan, secara cepat dapat digunakan informasi layanan via zoom meeting melalui website resmi PA Jakarta Selatan;
- Inovasi lainnya yang diluncurkan adalah upaya peningkatan pelayanan publik bagi kaum rentan yaitu penyandang disabilitas netra, disabilitas rungu, daksa, lansia, ibu hamil dan menyusui.
Inovasi Pelayanan Pengadilan Agama Jakarta Selatan selalu didasarkan kepada kebutuhan, keinginan dan merupakan solusif terhadap hambatan dan tantangan dalam pelayanan hukum Pengadilan Agama Jakarta Selatan kepada masyarakat yang dilayaninya sehingga eksistensi Pengadilan Agama Jakarta Selatan sangat terasa peranannya untuk memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat. Eksistensi Peradilan Agama akan mengakar dalam ingatan masyarakat.